Kamis, 30 Januari 2014

Fisioterapi

Unit Fisioterapi RS. Palang Biru Kutoarjo

Fisiotherapi merupakan suatu upaya pelayanan kesehatan profesional yang bertanggung jawab atas kesehatan individu, keluarga maupun masyarakat, khususnya dalam kapasitas fisik dan kemampuan fungsional.
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang satu ini RS Palang Biru menyediakan fasilitas dengan adanya klinik fisioterapi yang sanggup menjawab permasalahan Anda. Seiring bertambahnya waktu RSPBK telah menjawab kebutuhan masyarakat, selain menambah tenaga fisiotherapist, beberapa alat-alat modren baru juga penyediaan ruang fisiotherapis berAC yang semakin mendukung nyamannya pelayanan fisiotherapi.
Saat ini selain IR dan alat memasang gips, klinik fisiotherapi memiliki alat baru yaitu Tracsi Lumbal – Cervical, Ultrasonic, dan Microwave Diathermy. 
Adapun kegunaan alat tersebut bisa adalah :

  • Tracsi Lumbal – Cervical merupakan upaya pengobatan dengan menggunakan modalitas mekanik tarikan longitudinal yang diterapkan pada lumbal (bawah tubuh) ataupun cervical (leher).  Tracsi Lumbal dapat digunakan untuk mengatasi kondisi iscialgia (nyeri menjalar sepanjang kaki) dan HNP (Hernia Nucleus Polpus) yaitu bila batuk, bersin atau tertawa timbul nyeri di daerah punggung, juga bila punggung digunakan untuk membungkuk atau tegak terasa sakit. 
  • Ultrasonic merupakan upaya pengobatan dengan menggunakan gelombang suara ultra frekuensi 1 atau 3 MHz  yang menghasilkan dua efek yaitu efek mekanik (micromassage) dan efek panas pada jaringan.  Untuk pasien rematik, hal ini meningkatkan sirkulasi darah, relaksasi otot, meningkatkan kemampuan regenerasi jaringan dan pengurangan rasa nyeri. 
  • Microwave Diathermy (MWD) merupakan pengobatan dengan menggunakan Stressor fisis berupa energi elektromagnetik yang dihasilkan oleh arus listrik bolak-balik frekuensi 2450 MHz.  Alat ini digunakan untuk penyembuhan luka / trauma pada jaringan lunak, menurunkan nyeri dan perbaikan sistem metabolisme, serta untuk persiapan terapi latihan.  Namun, untuk sementara ini alat MWD belum digunakan
Adapun ruang lingkup fisiotherapi itu terdiri dari lima bidang (A – E).  Bidang-bidang tersebut adalah:
Ø     Bidang A terdiri dari Pediatri (anak) dan Geriatri (lanjut usia)

Untuk Pediatri, fisioterapi membantu menangani masalah gangguan tumbuh kembang anak, misalnya anak dengan Cerebral Palsy, atau anak yang sering batuk / flek akan dibantu dengan penyinaran Infra Red (IR) dan tepukan lembut di dadanya, untuk membantu mengeluarkan dahak dan meringankan/relaksasi otot yang tegang karena batuk.

Untuk Geriatri, misalnya orang lanjut usia yang mengeluh boyoknya pegal-pegal atau menderita arthritis/rematik dapat dilakukan penyinaran IR atau pemijatan dengan alat Microwave Diathermy untuk mengurangi keluhannya.


Ø     Bidang B adalah Muskuloskeletal dan Bedah

Muskuloskeletal merupakan kondisi yang berhubungan dengan gangguan otot misalnya tendinitis atau Low Back Pain (LBP), frozen shuolder (bahu kaku).  Untuk sakit seperti ini dilakukan penyinaran IR dan exercise untuk menambah ruang gerak sendi.  Sedangkan Bedah, misalnya membantu memasang gips dan reposisi untuk kasus patah tulang atau retak.


Ø     Bidang C adalah Syaraf

Membantu menangani pasien dengan stroke, Bells Palsy atau Sindrom Guillain Barre (suatu penyakit akut yang menyerang akar syaraf).  Bantuan dilakukan dengan passive exercise secara bertahap.


Ø    Bidang D adalah Kardiorespirasi, untuk yang ini belum bisa dilakukan di RS Palang Biru.


Ø  Bidang E adalah Ergonomi, lebih banyak dilakukan dengan cara penyuluhan / menerangkan tentang cara-cara gerak/sikap badan yang baik untuk menghindari sakit.

 

0 komentar:

Posting Komentar