DURASI TIDUR IDEAL BERDASARKAN USIA

Selain makan sehat dan berolahraga, tidur juga sangat mendukung tubuh agar sehat serta bugar setiap harinya. Tidur dengan waktu yang cukup sangat dibutuhkan agar menurunkan risiko masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Tidur sangat diperlukan untuk menunjang konsentrasi, kreativitas, meningkatkan suasana hati, serta mengurangi stres. Salah satu pakar tidur, Rob mengatakan ada 16 juta orang yang tidak bisa tidur karena insomnia.

Menurut Rob, sepertiga dari hidup seseorang adalah tidur. Untuk memenuhinya, jumlah waktu yang dibutuhkan tidaklah sama. Perbedaan waktu tidur bisa disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan faktor lainnya.

  1. Bayi : Saat bayi, seseorang membutuhkan waktu sebanyak 11 jam untuk tidur di malam hari. Selain malam, pada siang hari butuh waktu sekitar 2 jam untuk tidur di siang hari.Dikutip dari The Sun, berikut ini jumlah waktu tidur yang dibutuhkan sesuai dengan usianya.
  2. Anak-anak : Anak-anak hingga usia 12 tahun juga masih membutuhkan banyak waktu tidur. Pada usia ini, mereka membutuhkan waktu antara 9 hingga 11 jam saat malam hari dalam sehari.
  3. Remaja : Untuk para generasi yang suka begadang malam, coba mulai dikurangi. Karena dalam sehari, di usia seperti ini butuh tidur yang berkualitas hingga 9 jam per malam. Baru bisa konsentrasi dan nggak gampang stres.
  4. Dewasa : Pada usia dewasa, 20 tahun waktu tidur yang baik juga masih antara 7-9 jam per hari. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan kebugaran tubuh saat beraktivitas setiap hari.

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4884400/perlu-tahu-ini-durasi-tidur-ideal-berdasarkan-usia